Semangat Pagi
Hai Para Readers,
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba melengkapi Bisnis proses tentang Finance, Accounting & Tax yang mahasiswa buat semester lalu, berikut gambarnya :
Jika teman-teman membutuhkan file yang lebih jelas bisa download file .bpm klik disini
Lalu bagaimana Caranya menggunakan Aplikasi Odoo untuk Finance, Accounting & Tax???
Teman-teman bisa menyimak berikut ini :
Bisa mengunduh file disini
Langkah-langkah simulasi pada odoo Finance dan Accounting adalah sebagai berikut :
Membayar tagihan dari supplier :
1. Masuk ke server Odoo, kemudian masuk ke fungsi Accounting, pilih suppliers, pilih suppliers invoice
2. Klik untuk membuka invoice
3. Pada fungsi finance draft invoice kemudian divalidasi dan disesuaikan dengan PO yang pernah dibuat oleh tim purchasing
4. Setelah di validasi maka validate akan berubah menjadi pay
5. Dicheck dan dipastikan kembali, pilih payment methode yang digunakan (cash/bank transfer), kemudian klik register payment
6. Lihat status dari invoice
Membuat Customer Invoice :
1. Pilih Customer Invoice pada menu accounting
2. Kemudian pilih create dan setelah selesai klik save
3. Setelah divalidasi dapat memilih send by email untuk mengirim ke customer atau print invoice dan kirim ke alamat customer
4. Setelah dilakukan proses payment oleh customer maka finance dapat registrasi payment untuk menandakan bahwa sudah diterima pembayarannya
Membuat sales receipt :
1. Pilih sales receipt pada menu accounting
2. Create untuk pembuatan penerimaan
3. Setelah di save klik validate bahwa penerimaan tersebut benar dan telah dilakukan proses payment sebelumnya
Langkah-langkah simulasi pada odoo TAX adalah sebagai berikut :
1. Konfigurasi pajak terlebih dahulu pada modul Odoo sesuai dengan kriteria
pajak. Dengan cara masuk ke menu Accounting > Tax > Create
2. Input
nama pada kolom Tax Name, pada bagian Tax Application pilih purchase.
Kemudian pada Tax type pilih percentage, dengan input angka 0.1. Hal ini karena pajak yg dikenakan misal10%3. Lakukan simulasi pembelian barang dengan tranksaksi kena pajak pada Purchase Order. Dengan cara masuk menu Purchase > Purchase order > Klik create. Kemudian input pada kolom nama supplier tempat kita membeli barang, Input pada kolom Deliver To pilih Your Company – Receipt, apabila barang ingin diantar ke perusahaan sendiri. Kemudian pada kolom Product pilih barang yang ingin dibeli sesuai database yang ada, Lalu pada kolom Taxes pilih tipe pajak yang akan digunakan, dalam hal ini Purchase Tax 10%. Terakhir klik update, jumlah total harga akan terupdate sendiri sesuai dengan tipe pajak yang dipilih. Klik Save jika telah selesai input pada Request for Quotation.
4. Klik Confirm Order, sebagai tanda bahwa pesanan kita telah dikonfirmasi
5. Klik Receive Invoice, untuk menerima bukti invoice.
6. Klik Validate, sebagai validasi draft invoice apabila data telah benar
7. Klik Pay, untuk pembayaran barang yang telah dipesan
8. Setelah itu untuk memastikan Purchase Order kita telah terbayar, masuk ke menu Accounting > Journal Entries. Pada kolom diatas terdapat history Invoice dari Purchase Order yang telah kita lakukan
9. Dan untuk memastikan bahwa pembayaran kita telah kena pajak, masuk ke menu Accounting > Chart of Taxes. Klik Tax Balance Pay. Ada history Purchase Journal yang telah kita lakukan. Dengan tanda negative pada period Sum yang menandakan bahwa pajak kita telah terbayar ke pemerintah.
Untuk lebih jelasnya bisa di klik bagian .pdf berikut ya
Semoga bermanfaat ^^
Warm Regards.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar